Kepala Desa, Lurah dan Camat Ikut Upacara HUT RI di Kemendagri

By Admin

nusakini.com-- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melangsungkan upacara peringatan Kemerdekaan HUT RI ke-71 di Lapangan Upacara Kemendagri dengan mengundang perwakilan kepala desa, lurah dan camat sebagai peserta upacara. 

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo berpesan kepada perwakilan wilayah ini untuk turut menjaga stabilitas daerah. Mereka juga diminta mempercepat proses pemerataan pembangunan dan kesejahteraan rakyat. 

“Kemendagri sebagai poros pemerintahan dari Presiden smpe kepala desa punya peran dan tanggung jawab yang sama, menjaga stabilitas negara, daerah, kecamatan, kelurahan dan desa. untuk itu pagi hari ini, hadir mewakili kepala desa, kelurahan dan camat,” kata dia dalam sambutannya sebagai Inspektur Upacara, Rabu (17/8). 

Ia juga mengingatkan, di setia desa/kelurahan dan kecamatan ada unsur dari tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat. Mereka diminta menjalin komunikasi baik dengan semua elemen tersebut, begitu juga dengan pihak kepolisian dan TNI. 

“Jalin komunikasi yang baik untuk sama2 menggerakan dan organisir masyarakat di lingkup kecamatan/desa, kuncinya untuk jaga stabiltas agar target percepatan dan optimalisasi pembangunan ini bisa bisa cepat terwujud,” tambah dia. 

Makna 71 tahun merdeka, kata dia, pemerintah harus bekerja. Seorang kepala desa sampai presiden hari ini masih dapat amanah untuk menjalankan roda pemerintahan di tingkatan masing. Amanah itu harus kita pertanggung jawabkan, tidak hanya ke masyarakat namun ke Tuhan YME. 

“Kemerdekaan harus kita isi dengan kerja. Kerja. Kerja. Untuk masyarakat dan bangsa yang kita cintai,” ujar Tjahjo.(p/ab)